Two Words Everyday..

 

Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahad, kira-kira kata itu yang tepat digunakan oleh setiap orang, tak terlebih santri pesantren modren Al Barokah. Setiap hari sesudah sholat shubuh Koordinator bagian Bahasa (Ust Amam Hidayat) memberikan tugas kepada akhi-akhi kelas XI untuk belajar mengajar dengan memberikan dua kosa kata setiap harinya, kemudian memberikan contoh dalam kalimat dan meminta ke setiap santri untuk membuat kalimat lain dari kata tersebut. Begitulah setiap pagi semua kegiatan santri di mulai.

 

Ibarat sesuatu yang bergaung keras terdengar suara akhi kelas XI dengan lantang menyuarakan “Rofasa Yarfusu” hingga beberapa kali kemudian diikuti oleh santri yang lain..

Teringat, ketika pertama kali Nabi Adam AS diajarkan sesuatu adalah mengenal kosa kata yang termaktub di surah Al Baqarah ayat 31 sampai 33 yang berbunyi

وَعَلَّمَ آدَمَ الأسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (31) قَالُوا سُبْحَانَكَ لا عِلْمَ لَنَا إِلا مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ (32) قَالَ يَا آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ (33

  1. dan Dia mengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!
  2. mereka menjawab: “Maha suci Engkau, tidak ada yang Kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
  3. Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka Nama-nama benda ini.” Maka setelah diberitahukannya kepada mereka Nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa Sesungguhnya aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?”

 

Dua kata setiap hari akan menjadikanmu seseorang yang mengetahui segala hal didunia ini…” Firdaus Fauzi, M.Pd.I

 

 

 

FacebookTwitterShare
Updated: 29 Oktober 2015 — 9:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun © 2015