Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan

Pendidikan adalah satu modal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menghadapi perubahan dan perkembangan era globalisasi saat ini. Oleh karenanya setiap individu yang memiliki pendidikan, tentu telah mempunyai separuh modal dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin pelik, tinggal bagaimana ianya mengasah dan mengembangkan potensi yang ada pada diri masing-masing.

Setiap orang tentu menginginkan sebuah kehidupan yang layak dan lebih baik untuk mewujudkan dedikasinya sebagai orang yang berguna bagi orang lain. Ibaratnya sebuah pendidikan adalah mata uang yang berlaku di semua Negara, artinya dengan pendidikan semua manusia wajib memenuhi kebutuhannya.

Lalu bagaimana dengan mereka yang disebut orang yang kurang berpendidikan? Apakah mereka masih mempunyai kesempatan dan peluang untuk menghadapi perubahan dan perkembangan era globalisasi saat ini? Tentu kesempatan dan peluang itu masih tetap ada, meskipun terlihat sangat kecil. Dengan keadaan dan kondisi seperti itu tentu mereka dipaksa untuk memutar otak mereka kembali. Mungkin dengan jalan wirausaha sendiri adalah solusi terbaik dan hal itu dapat dilakukan semasa dibangku sekolah.

Pesantren Modern Al Barokah bekerjasama dengan Japfa Foundation memberikan kesempatan bagi anak bangsa untuk menempuh pendidikan berbasis kewirausahaan dengan waktu belajar 24 jam penuh dengan waktu belajar formal, nonformal, ekstrakurikuler, peminatan, ekstrakurikuler serta kegiatan lainnya.

Disini, sejak masih duduk di bangku sekolah (Aliyah) para santri sudah diajarkan mengenai dasar-dasar dalam menjalankan kewirausahaan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kelak di kemudian hari. Seperti bimbingan latihan kaligrafi, berternak, berkebun, bahkan aplikasi dalam berwirausaha.

Pesantren Modern Al Barokah juga memiliki pendidikan yang didalamnya memuat praktek kerja lapangan (PKL) berupa budidaya ternak ayam broiler yang dapat menambah wawasan bagi para peserta didik diluar mata pelajaran pokok/wajib, hal ini mengingat persaingan di dunia kerja sekarang ini sangat ketat. Karena merealisasikan ilmu yang bermanfaat adalah membekali dengan pengetahuan berwirausaha yang baik dan benar.

Intinya, pendidikan itu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan jika kita terus mengasah dengan sebaik-baiknya sampai dengan batas maksimal, dan sukses itu tidak bergantung pada orang lain, yang menentukan kesuksesan / keberhasilan seseorang adalah diri kita sendiri. Maka, menjalani hidup dengan optimis, belajar keras dan bersungguh-sunguh sera mau terus belajar guna mendekatkan diri untuk meraih keberhasilan.

FacebookTwitterShare
Updated: 24 Oktober 2017 — 11:14 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun © 2015