Kunjungan Ketua Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun Dalam Rangka Pengawasan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Pesantren Modern Al Barokah

Ketua Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun Bapak Ir. H. Nasrun Siregar melakukan kunjungan khusus pemeriksaan ke laboratorium komputer milik pesantren dalam rangka pengawasan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pimpinan Pesantren Ust. Abdul Somat, S.Pd.I menyampaikan bahwa pelaksanaan UNBK di Pesantren Modern Al Barokah merupakan program perdana, karena sebelumnya pelaksanaan Ujian Nasional selalu menggunakan kertas/ tulisan dan hal ini merupakan program yang sangat strategis untuk go green serta mengurangi penggundulan hutan khususnya di wilayah Indonesia.

Kami berharap ke depannya bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang belum memiliki kesempatan melaksanakan ujian yang berbasis komputer. Pada tahun ini kami berharap agar bisa berjalan dengan baik pelaksanaanya, imbuh Ustad yang akrab dipanggil Somat ini.

Selain itu, menurut teknisi laboratorium komputer pesantren Bapak Sholihin, “melihat ke beberapa tahun belakangan, pelaksanaan UN yang menggunakan kertas selalu menjadi polemik di sekolah-sekolah yang melaksanakan UN ini, banyak siswa yang sibuk membuat contekan atau kunci jawaban bahkan semakin parah dengan hadirnya joki UN. Kalau dengan sistem komputerisasi begini tidak akan bisa lagi. Selesai melaksanakan ujian, hasil siswa dapat segera di laporkan ke pusat. Terkait masalah infrastruktur UNBK, yaitu komputer, di pesantren ini yang akan mengikuti UNBK sebanyak 68 santri tingkat Tsanawiyah dan 22 tingkat Aliyah orang tapi yang baru tersedia hanya 35 komputer, artinya untuk pelaksanaan masih harus dibuat beberapa sesi.

Melalui UNBK, kita dorong agar integritas lebih baik lagi, melalui kerjasama antara orang tua, sekolah dan masyarakat,” ujarnya.

 

FacebookTwitterShare
Updated: 4 Februari 2018 — 9:11 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun © 2015