Visitasi Akreditasi Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Barokah

Sebuah kehormatan bagi Pesantren Modern Al Barokah, mendapat kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Propinsi Sumatera Utara, Selasa (9/10). Kunjungan Tim BAN-SM yang diwakilkan oleh Bapak M. Mukti Nasution, MM dan staf tersebut bertujuan untuk melakukan visitasi akreditasi Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Barokah.

Kedatangan mereka disambut baik oleh Kepala Madrasah Aliyah Ustad Muhammad Syafi’i Saragih, M.A  bersama Staf dan jajarannya di ruang pertemuan gedung Ali Bani 2.

Seperti yang disampaiakan Kepala Madrasah Aliyah pada pembukaan pertemuan tersebut “Akreditasi adalah alat ukur untuk mengukur kualitas dan kelayakan sebuah sekolah atau madrasah sebagai sekolah atau madrasah yang patut ditiru oleh sekolah lainnya, oleh karena itu pada tahun ini kami Pesantren Modern Al Barokah mengajukan permohonan untuk diperiksa kualitas dan kelayakan sekolah kami khususnya Madrasah Aliyah; karenaMadrasah Tsanawiyah telah terakreditasi lebih dahulu”.

Pada waktu yang sama, Bapak M. Mukti Nasution, MM juga menyampaiakan “Terima kasih banyak atas sambutannya, sesuai dengan waktu yang telah kami informasikan sebelumnya bahwa hari ini akan dilaksanakan visitasi akreditasi Madrasah Aliyah di Pesantren Modern Al Barokah. Semoga segala sesuatu yang menjadi bahan pemeriksaan kami nantinya sudah lengkap dan sudah disiapkan agar tidak ada hal-hal yang kurang dalam penilaian. Visitasi akreditasi ini menggunakan prosedur sesuai standar pemeriksaan dari BAN-SM, jika hasilnya nanti belum baik berarti masih ada yang harus dilengkapi namun jika sudah sesuai, mudah-mudahan hasil yang didapat tidak mengecewakan Bapak/Ibu sekalian”.

Selain melakukan pemeriksaan berkas dan dokumen, Tim asessor yang di temani oleh Kepala Madrasah Aliyah juga melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya. Kegiatan ini diakhiri dengan mengadakan pertemuan kepada warga sekolah. Pertemuan untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi. Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan peringkat akreditasi.

Harapan pengurus organisasi Pesantren Modern Al Barokah semoga ke depan Pesantren Modern Al Barokah menjadi lembaga pendidikan Islam rujukan untuk wilayah Propinsi Sumatera Utara dan khususnya Kabupaten Simalungun, Amiin Ya Robbal’alamiin.

FacebookTwitterShare
Updated: 12 Oktober 2018 — 11:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun © 2015