Hadist Tentang Sedekah

gambar-Sedekah-untuk-kaya-atau-kaya-agar-dapat-sedekahSeorang laki-laki berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara mendadak. Saya menduga, jika ia bisa bicara, ia akan bersedekah. Apakah ia bisa mendapatkan pahala jika saya bersedekah untuknya?” Beliau menjawab, “Ya.” (HR. Bukhari)

Ibnu Abbas memberitakan kepada kami bahwa Sa’ad bin Ubadah r.a. sedang tidak ada di tempat ketika ibunya meninggal. Ia berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat, sedang saya tidak di sana. Apakah sesuatu berguna untuknya, jika kusedekahkan untuknya?” Beliau menjawab, “Ya.” Ia berkata, “Sesungguhnya saya persaksikan kepadamu bahwa kebunku Al Mikhraf menjadi sedekah untuk ibuku.” (HR. Bukhari)
Seseorang berkata kepada Nabi, “Sesungguhnya ayahku meninggal dunia dan tidak berwasiat, apakah sedekahku bisa menebus (kesalahan) nya?” Beliau menjawab, “Ya” (HR. Muslim)

Hadits tentang sedekah untuk orang tua yang sudah meninggal di atas menjelaskan kepada kita bahwasanya, sedekah untuk ibu ayah kita tatkala mereka telah tiada, dapat sampai dan berpahala untuk mereka. Walhamdulillah.

Jangan Ragu

Bagi Anda yang telah berniat untuk menunaikan sedekah untuk orang tua nya dalam rangka berbakti kepada mereka, baik ketika mereka masih hidup atau sudah tiada, maka laksakanlah segera. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menyalurkan sedekah Anda pada tempat yang benar-benar tepat, sehingga hasilnya pun tidak hanya bernilai pahala semata, namun juga bernilai multi level pahala yang akan terus menerus membesar dan tercurahkan untuk kedua orangtua Anda tiada hentinya.

Share
Updated: 1 September 2015 — 06:45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yayasan Wakaf Al Barokah Simalungun © 2015