Beranda » Berita Terkini » Santri Kelas 3 MTS Albarokah Study Tour Ke PLTA Sugura-gura

Santri Kelas 3 MTS Albarokah Study Tour Ke PLTA Sugura-gura

Pembangkit Listrik Tenaga Air Sigura-gura atau PLTA Sigura-gura adalah salah satu pembangkit energi listrik yang dimiliki oleh PT. Indonesia Asahan Aluminium (INALUM). PLTA Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Sumber air untuk pembangkitan listrik diperoleh dari pengaliran air SUngai Asahan yang berasal dari Danau Toba.

PLTA Sigura-gura memanfaatkan air untuk menjadi sumber energi yang bisa bermanfaat bagi manusia, PLTA Sigura-gura pada awalnya bekerja sama dengan jepang namun ketika tahun 2013, kontrak kerja sama telah selesai maka saham PLTA sigura-gura dimiliki oleh negara atau bumn dengan 100 %.

Salah satu keunikan PLTA ini yaitu mesin turbin yang di putar oleh air tersebut berada di dalam tanah kurang lebih 200 meter.untuk bisa sampai kebawah kita harus menaiki lift atau turun kebawah dengan menggunakan kendaraan dan masuk melalui jalur terowongan.

pintu masuk terowongan

Pada hari kamis 17 November 2022 santri kelas 3 Mts Albarokah sebanyak 30 orang melakukan Study Tour ke PLTA tersebut, dalam kunjungan tersebut para santri sangat antusias dan semangat yang tinggi untuk mengetahui lebih dalam tentang PLTA sigura-gura ini. Ini adalah pengalaman berharga yang harus di jadikan pelajaran bahwa Allah Ta’ala tidak lah menciptakan segala sesuatu itu sia-sia, tapi pasti ada hikmah di balik itu semua yang tentunya harus kita gali dan kita pelajari bersama.

dalam terowongan tempat pemutaran turbin

Study tour kali ini diketuai oleh bapak Komarul huda, MPd selaku guru IPA kelas 3 Pesantren Modern Albarokah dan tentunya telah mendapat izin dan dukungan dari pimpinan pesantren ustadz Abdul Somad, S.Pd. dan beliau berharap agar study tour ini bermanfaat bagi santri dalam menggali jati diri dan potensi yang mereka miliki sekaligus menjadi motivasi bagi mereka untuk meraih cita-cita mereka di kemudian hari.

bendungan sigura-gura
bendungan sigura-gura

1 tanggapan pada “Santri Kelas 3 MTS Albarokah Study Tour Ke PLTA Sugura-gura”

  1. Good Job, Semoga kelak Santri Albarokah bisa seperti mereka. Bahkan harus lbh baik dr yg skrg. Aamiin ya Robbal’alamiin..🤲🏻
    Sayang nya Anak sy gak ikut kes ini.. 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.